1 Full Life: ISMAEL.
Nas : Kej 16:11
Nama "Ismael" berarti "Allah mendengarkan" dan menandakan bahwa
Allah melihat serta menanggapi tindakan Abram dan Sarai yang tidak adil
terhadap Hagar. Nama itu adalah hukuman terhadap Abram, yang menunjukkan
bahwa Allah membenci semua bentuk ketidakadilan di dalam umat-Nya. Bahwa
Allah akan menghukum seseorang karena melakukan kesalahan terhadap seorang
anggota gereja ditekankan dalam PB
(lihat cat. --> Kol 3:25).
[atau ref. Kol 3:25]
2 Full Life: ANAK ITU AKAN MENJADI SEORANG NAZIR.
Nas : Hak 13:5
Allah berkehendak agar Simson menjadi seorang nazir dan hidup
menurut standar Allah yang tertinggi bagi umat-Nya (untuk penjelasan
mengenai sumpah seorang nazir
lihat cat. --> Bil 6:2;
[atau ref. Bil 6:2]
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).
3 Full Life: SEORANG PEREMPUAN MUDA MENGANDUNG ... IMANUEL.
Nas : Yes 7:14
"Perempuan muda" (juga diterjemahkan "perawan"; bah. Ibr. _almah_)
dapat berarti "perawan" atau "seorang wanita muda sebelum nikah".
- 1) Penerapan langsung tanda ini ialah pada seorang pengantin perempuan
baru yang masih perawan hingga saat pernikahannya. Sebelum anaknya cukup
besar untuk mengetahui perbedaan di antara baik dengan buruk, raja-raja
Aram dan Israel akan binasa (ayat Yes 7:16).
- 2) Penggenapan akhir nubuat ini terjadi dalam kelahiran Yesus Kristus
oleh perawan Maria (Mat 1:23). Maria adalah perawan dan tetap
perawan hingga Yesus lahir (Mat 1:18,25). Maria hamil secara ajaib
oleh Roh Kudus dan bukan oleh seorang laki-laki
(lihat cat. --> Mat 1:16;
lihat cat. --> Mat 1:23;
lihat cat. --> Luk 1:35).
[atau ref. Mat 1:16,23; Luk 1:35]
- 3) Putra sang perawan akan diberi nama "Imanuel", yaitu "Allah
menyertai kita" (Mat 1:23); nama tersebut memperoleh arti yang lebih
dalam ketika Anak Tunggal Allah sendiri datang ke dalam dunia (bd.
Yoh 3:16).
4 Full Life: SEORANG ANAK TELAH LAHIR UNTUK KITA.
Nas : Yes 9:5
Ayat ini menubuatkan kelahiran Mesias, Yesus Kristus (juga
lihat cat. --> Yes 7:14).
[atau ref. Yes 7:14]
Kelahiran-Nya akan terjadi pada saat dan di tempat tertentu di dalam
sejarah, dan Anak Mesianis ini akan lahir dengan cara yang unik dan
menakjubkan. Yesaya mencatat empat nama yang akan menandai tugas-Nya selaku
Mesias.
- 1) Penasihat Ajaib. Mesias sendiri akan menjadi keajaiban adikodrati
(kata Ibr. _pele'_ hanya dipakai untuk Allah, tidak pernah untuk manusia
atau pekerjaannya; bd. Yes 28:29); Ia akan menunjukkan sifat-Nya
melalui semua perbuatan dan mukjizat-Nya. Penasihat Ajaib ini akan
merupakan penjelmaan hikmat sempurna dan mempunyai kata-kata hidup
kekal; selaku Penasihat, Ia akan menyingkapkan rencana keselamatan
sempurna (bd. pasal Yes 11:1-16).
- 2) Allah yang Perkasa. Di dalam Mesias seluruh kepenuhan ke-Allahan
akan berdiam secara jasmaniah (Kol 2:9; bd. Yoh 1:1,14).
- 3) Bapa yang Kekal. Ia bukan hanya datang untuk memperkenalkan Bapa
sorgawi, tetapi Ia sendiri akan bertindak terhadap umat-Nya secara kekal
bagaikan seorang Bapa penuh belas kasihan yang mengasihi, melindungi,
dan menyediakan kebutuhan anak-anak-Nya (bd. Mazm 103:13).
- 4) Raja Damai. Pemerintahan-Nya akan membawa damai dengan Allah bagi
umat manusia melalui pembebasan dari dosa dan kematian (Yes 11:6-9;
bd. Rom 5:1; 8:2).
5 Full Life: ANAK DARA ... MELAHIRKAN SEORANG ANAK LAKI-LAKI.
Nas : Mat 1:23
Baik Matius maupun Lukas setuju bahwa Yesus Kristus dikandung oleh
Roh Kudus (ayat Mat 1:18; Luk 1:34-35) dan lahir dari seorang perawan
tanpa campur tangan seorang ayah manusia. Sudah bertahun-tahun doktrin
kelahiran Yesus dari seorang perawan ini disanggah oleh para teolog
liberal. Akan tetapi, tidak dapat disangkal bahwa nabi Yesaya sudah
bernubuat tentang seorang anak yang lahir dari seorang perawan, anak yang
akan dinamakan "_Imanuel_", suatu istilah Ibrani yang berarti "Allah
menyertai kita" (Yes 7:14). Nubuat ini sudah disampaikan sekitar 700
tahun sebelum Yesus dilahirkan.
- 1) Istilah "anak dara" (perawan) dalam Mat 1:23 ini merupakan
padanan yang tepat dari istilah Yunani _parthenos_ yang terdapat dalam
versi Septuaginta di Yes 7:14. Kata anak dara dalam bahasa Ibrani
(_almah_) yang dipakai oleh Yesaya menunjuk kepada seorang gadis yang
sudah cukup umur untuk menikah dan dalam PL tidak pernah dipakai untuk
gadis yang tidak perawan lagi (bd. Kej 24:43; Kid 1:3; 6:8). Dengan
demikian, Yesaya dalam PL dan Matius serta Lukas dalam PB sama-sama
menyatakan bahwa ibu Yesus adalah seorang perawan (Yes 7:14).
- 2) Pentingnya kelahiran dari seorang perawan tidak dapat
dititikberatkan secukupnya. Agar Sang Penebus dapat memenuhi syarat
untuk menanggung hukuman karena dosa kita dan membawa keselamatan, maka
di dalam dirinya Ia harus sepenuhnya manusia, tidak berdosa dan
sepenuhnya ilahi (Ibr 7:25-26). Kelahiran Yesus dari seorang
perawan memenuhi ketiga syarat ini.
- (a) Satu-satunya cara Yesus dapat lahir sebagai manusia ialah dengan
lahir dari seorang wanita.
- (b) Satu-satunya cara Ia dapat lahir tanpa dosa ialah dengan cara
dikandung oleh Roh Kudus (Mat 1:20; bd. Ibr 4:15).
- (c) Satu-satunya cara Ia dapat sepenuhnya Ilahi adalah dengan Allah
sendiri selaku Bapa-Nya. Oleh karena itu Yesus tidak dikandung
secara alamiah, melainkan secara adikodrati, "anak yang akan
kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah" (Luk 1:35).
Karena itu Yesus Kristus dinyatakan kepada kita sebagai satu pribadi
ilahi dengan dua tabiat -- ilahi dan manusiawi tanpa dosa.
- 3) Dengan hidup dan menderita selaku manusia, Yesus turut merasakan
kelemahan kita (Ibr 4:15-16). Sebagai Anak Allah yang ilahi, Ia
berkuasa untuk melepaskan kita dari perbudakan dosa dan kuasa Iblis
(Kis 26:18; Kol 2:15; Ibr 2:14; 4:14-16; 7:25). Sebagai ilahi dan
manusiawi, Ia memenuhi syarat untuk menjadi korban karena dosa setiap
orang, dan menjadi Imam Besar yang memohon syafaat untuk semua orang
yang datang kepada Allah (Ibr 2:9-18; 5:1-9; 7:24-28; 10:4-12).